Khasiat daun sirih

Blog seputar tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan kita

Manfaat rambutan untuk kesehatan

Manfaat rambutan untuk kesehatan - Rambutan mungkin anda sudah sering mendengarnya buah yang berkulit warna merah saat sudah masak dan isi berwarna putih ini ternyata banyak memiliki khasiat yang bagus, terutama untuk kesehatan kita. Manfaat buah rambutan tentu tak kalah dengan daun sirsak (baca khasiat daun sirsak untuk pengobatan kangker) ataupun daun sirih yang khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi.
Bagian-bagian buah rambutan yang dapat kita gunakan adalah kulit rambutan, kayu rambutan, daun rambutan, biji rambutan dan akar rambutan.
manfaat rambutan untuk kesehatan
Manfaat rambuatan untuk kesehatan

Indikasi : Kulit buah rambutan digunakan untuk mengatasi : DIsentri, demam. Kulit kayu rambutan untuk mengatasi sariawan. Daunnya digunakan untuk mengatasi diare, menghitamkan rambut. sedangkan bijinya dapat digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes melitus).
Adapun contoh cara mengolah buah rambutan sebagai pengobatan adalah sebagai berikut :
  1. Disentri
  2. Cuci kulit buah rambutan (10 buah). Potong-potong seperlunya. Tambahkan tiga gelas air minum bersih. Lalu rebus hingga airnya tersisa separuhnya. Setelah dingin saring ambil airnya, minum dua kali sehari masing-masing tiga seperempat gelas.
  3. Demam
  4. Cuci kulit rambutan yang dikeringkan 15 gram, tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring ambil airnya lalu minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
  5. Menghitamkan rambut
  6. Cuci daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air sambil diaduk-aduk supaya rata seperti adonan bubur. Peras lalu saring dengan sepotong kain. Gunakan air yang terkumpul untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
  7. Kencing manis
  8. Gongseng biji rambutan (lima biji), lalu giling sampai menjadi serbuk, seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.
  9. Sariawan
  10. Cuci kulit kayu rambutan (tiga ruas jari) lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur-kumur selagi hangat.
Inilah dia beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan kita, semoga sakit yang anda derita cepat sembuh.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Khasiat buah-buahan / Khasiat daun-daunan / khasiat kulit dengan judul Manfaat rambutan untuk kesehatan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://khasiatdaunsirih1.blogspot.com/2013/02/manfaat-rambutan-untuk-kesehatan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: hars bisa - Selasa, 12 Februari 2013

Belum ada komentar untuk "Manfaat rambutan untuk kesehatan"

Posting Komentar