Khasiat daun sirih

Blog seputar tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan kita

Manfaat enau

Manfaat enau – Enau adalah termasuk jenis tanaman palma berakar kuat dan menjalar kemana-mana, enau atau bahasa ilmiahnya Arenga Pinnata merupakan familia dari Arecaeae, dan mempunya banyak manfaat bagi manusia, bunga pohon arena dapat diolah sebagai gula aren, buahnya dibuat kolang-kaling dan ijuknya dapat kita buat menjadi sapu ijuk.
Pohon enau yang berusia 15-20 tahun dapat menghasilkan 8 liter nira setiap hari dan bila dimasak dapat menghasilkan 25-30 kg kolang kaling. Namun demikian pada umumnya pohon enau tidak disukai oleh para petani, ini karena akan pohon enau dapat menjalar kemana-mana dan dapat merusak tanaman lain disekitarnya.
Enau selain memiliki bahasa ilmiah Arenga Pinnata, Merr juga memiliki nama lain seperti Sugar Palm (inggris), kawung (sunda) Aren (madura) dan Bak juk (acek).
Selain dari itu semua aren juga berkhasiat untuk kesehatan khasiat enau yang paling banyak adalah gulanya, (gula aren) dan diantara jenis penyakit yang dapat disembuhkan seperti demam, sakit perut, dan juga sulit buang air besar.
Diantara sebab enau memiliki banyak khasiat ini karena pohon enau banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, khususnya gula aren, yang sering dijadikan oleh masyarak kita sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Khasiat buah-buahan dengan judul Manfaat enau. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://khasiatdaunsirih1.blogspot.com/2013/05/manfaat-enau.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: hars bisa - Rabu, 15 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Manfaat enau"

Posting Komentar