Khasiat daun sirih

Blog seputar tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan kita

Manfaat jeruk nipis dan lidah buaya

jeruk nipis
Jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah buah yang biasanya dimanfaatkan sebagai rasa asam pada makanan ternyata juga memiliki khasiat yang bagus terutama untuk kesehatan, khasiat dan manfaat jeruk nipis adalah sebagai peluruh lemak, bersifat diuretik, antipiretik, dan menghilangkan pegal linu.
Secara umum cara mengunakan jeruk nipis untuk pengobatan adalah, siapkan 100 gram jeruk nipis yang telah masak, kemudian cuci sampai bersih (kebersihan sebagian dari iman) lalu jeruk nipis yang sudah kita siapkan tersebut diblander bersama dengan bijinya. Saat memblendernya tambahkan sedikit demi sedikit air hingga 50 cc. Jus ini diminum pada pagi hari (sesudah sarapan) dan makan malam masing masing satu gelas.
Sedangkan lidah buaya, merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya menjadi tanaman hias diperkarangan, ini juga tak kalah khasiatnya dengan jeruk nipis, diantaranya adalah sebagai anti radang, obat pencernaan, parasitiside, memperbaiki pankreas. secara tidak langsung memperlancar peredaran darah dan mengatasi tekanan darah tinggi, khasiat lainnya adalah menyembuhkan wasir, TBC, asma, batuk, menyembuhkan luka bakar, sakit perut, obat urus-urus dan menyuburkan rambut.
Bagian-bagian yang dapat kita manfaatkan untuk pengobatan adalah daunnya dan cara pengunaannya :
  1. Siapkan 200 gram lidah buaya
  2. Cuci sampai bersih
  3. Lalu rebus dengan volume air tiga gelas selama 15 menit. 
  4. Setelah dingin minum air ramuan tersebut tiga kali sehari, pagi siang dan malam
PERINGATAN :
"Terapi ini jangan dilakukan pada saat sedang hamil, dan selama datang bulan karena dapat meluruhkan haid. Selain itu pada orang yang memiliki lemah lambung dan limpa, sebaiknya menghindari lidah buaya. Jika ingin dikombinasikan dengan tanaman lain, lidah buaya jangan direbus, tetapi dibuat pil atau bubuk."
Demikianlah pembahasan admin khasiat daun sirih kali ini tentang manfaat jeruk nipis dan lidah buaya, semoga bermanfaat.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Khasiat buah-buahan dengan judul Manfaat jeruk nipis dan lidah buaya. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://khasiatdaunsirih1.blogspot.com/2012/12/manfaat-jeruk-nipis-dan-lidah-buaya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: hars bisa - Jumat, 14 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Manfaat jeruk nipis dan lidah buaya"

Posting Komentar