Khasiat daun sirih

Blog seputar tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan kita

Khasiat dan manfaat Sirih

Khasiat dan Manfaat daun SirihKhasiat daun sirih – Daun sirih banyak dijumpai diberbagai daerah, tanaman merambat ini memiliki warna yang berbeda. Yaitu merah, hijau dan hitam. Daun sirih ini dibedakan dengan melihat warnanya. Secara umum, daun sirih yang banyak digunakan dan dimanfaatkan adalah daun sirih hijau dan daun sirih merah.


Daun sirih hijau banyak ditemukan merambat diantara pepohonan di daerah pedesaan dan lebih dulu digunakan sebagai tanaman herbal dibanding sirih merah. Sementara sirih merah sendiri bisa ditemukan di daerah hutan yang tidak terlalu lebat. Fungsinya lebih kepada dijadikan tanaman hias karena warnanya yang cukup bagus. Namun seiring dengan perkembangan pengetahuan manusia, sirih merah mulai dilirik menjadi tanaman obat tradisional.

Manfaat dan Khasiat daun sirih tidak jauh berbeda dengan manfaat daun sirsak. Manfaat daun sirih adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi keputihan

Khasiat daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan, karena salah satu khasiat dari daun sirih merah adalah sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk membilas organ kewanitaan

2. Menghilangkan bau badan

Ambil daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas 1/2gelas.ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air suam-suam kuku. Setelah sirihnya diambil, airnya diminum.

3. Menghilangkan bau mulut

Satu lembar daun sirih setelah dicuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan bebearapa menit
dalam mulut lalu diludahkan. Kerjakan hal itu 2-3 kali sehari. Cara lainnya rebus 5-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Dinginkan dan saring dan setelah itu untuk kumur-kumur setiap pagi dan sore.

Demikianlah khasiat dari daun sirih yang menjadi bahasan kali ini. Over all, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Khasiat daun-daunan dengan judul Khasiat dan manfaat Sirih. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://khasiatdaunsirih1.blogspot.com/2014/03/khasiat-dan-manfaat-sirih.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Mia Mulyani - Jumat, 14 Maret 2014

Belum ada komentar untuk "Khasiat dan manfaat Sirih"

Posting Komentar